Benteng Vander Wijck menjadi satu diantara puluhan benteng di Indonesia yang menjadi saksi bisu keganasan Belanda. Bangunan yang berada di kota Kebumen tersebut konon menjadi sebuah benteng pertahanan pada saat memperebutkan wilayah kesultanan Yogyakarta. Namun, dengan dikumandangkannya teks proklamasi kemerdekaan, maka secara otomatis akan menarik mundur pasukan penjajah untuk kembali ke negaranya. Alhasil, bangunan bekas markas mereka terbengkalai dan akhirnya menjadi objek wisata yang keberadaannya bisa dinikmati hingga sekarang. Kemegahan bangunan begitu kental dengan nuansa klasik dari warna merah batu bata yang sangat dominan.

Bangunan benteng yang dibangun pada tahun 1818 ini memiliki bentuk yang unik dan satu-satunya di Indonesia. Bagaimana tidak, desain arsitektur bangunan yang digagas Jenderal Van Den Bosh ini berbentuk segi delapan. Bagian tengah benteng terdapat tanah yang sangat lapang dengan luas bangunan mencapai 3.606,625 meter persegi. Bangunan yang menjadi obyek wisata Jawa Tengah ini terdiri dari 2 lantai dengan tinggi mencapai 9,67 meter. Terdapat puluhan pintu penghubung, kamar, dan jendela yang diaplikasikan ke dalam bangunan benteng.

Benteng Vander Wijck

Benteng Vander Wijck

Berbeda dengan wisata sejarah umumnya yang terkesan mistis, benteng ini justru difungsikan sebagai sarana pendidikan kemiliteran. Selain sebagai objek wisata, bangunan tersebut pernah digunakan sebagai sekolah Calon Tamtama serta barak militer TNI Angkatan Darat (AD) Indonesia. Bahkan konon katanya, Presiden RI kedua yaitu Pak Soeharto pernah mengenyam pendidikan militer di tempat ini. Selain itu, banyak wahana dan spot selfie yang menarik untuk dikunjungi. Terdapat taman, area bermain anak, kolam renang, hingga sebuah cottage untuk penginapan.

Harga Tiket Masuk Venteng Vander Wijck

Tarif untuk masuk ke lokasi wisata memang cukup mahal yaitu Rp 25.000 rupiah per orang. Biaya tersebut belum termasuk retribusi parkir bagi yang membawa kendaraan pribadi. Bagi yang membawa motor wajib membayar parkir sebesar Rp 2.000 rupiah. Sedangkan untuk roda empat dikenakan tarif  lebih mahal yaitu Rp 5.000 rupiah. Ingin mengunjungi tempat wisata ini? Kamu dapat menggunakan jasa paket wisata jogja 3 hari 2 malam dari TripJogja.

Lokasi

Benteng Vander Wijck berlokasi di Desa Sedayu, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Akses jalan menuju ke lokasi tempat wisata sangatlah mudah. Bahkan tersedia sarana transportasi massal yang tidak jauh dari benteng. Pengunjung bisa mencari bus kota jurusan terminal Sedayu. Dari terminal pemberhentian, silakan menggunakan kendaraan ojek untuk menuju ke area wisata yang letaknya sudah dekat.

Baca juga : Wisata Kebun Buah Mangunan

Fasilitas

Sebagai obyek wisata, bangunan dengan nama ‘Vander Wijck’ ini terbilang cukup memadai. Pasalnya, di area wisata telah dilengkapi dengan beberapa penginapan yang disediakan untuk wisatawan dari luar kota atau turis yang bermalam. Harga per malamnya sangat terjangkau mulai dari Rp 50.000 rupiah saja. Fasilitas penunjang lain yang sudah tentu tersedia di sini antara lain kamar mandi, toilet, area parkir yang luas, serta mushola. Belum lagi deretan warung makan yang menyediakan aneka menu yang lezat dan murah.

Jam Buka

Wisata benteng mulai dibuka pada pagi hari pukul 08.00-16.00 WIB. Meski obyek wisata ini buka setiap hari, namun biasanya akan sangat ramai pada hari libur atau weekend saja.

Benteng Vander Wijck tidak akan terasa membosankan saat Anda kunjungi. Tidak hanya hanya kemegahan bangunan saja yang ditonjolkan. Lebih dari itu, banyak wahana baru lainnya yang menjadi daya tarik tersendiri Jangan lupa untuk membawa camera untuk mengabadikan momen spesial di setiap spot andalan di tempat ini.