Mendongkrak penampilan mobil dengan cara sederhana bisa dilakukan hanya dengan memodifikasi bagian kaki-kaki mobil menggunakan velg. Namun, ganti velg mobil juga tidak boleh asal-asalan. Sebab, selain dapat mengurangi nilai estetika, juga akan berdampak pada tingkat kenyamanan saat digunakan berkendara.

Mengganti velg harus tepat sesuai dengan jenis mobil, kebutuhan medan jalan yang sering dilalui, dan hal lainnya. Jika tidak, bisa menimbulkan masalah lainnya seperti keamanan akibat salah memilih material atau ukuran yang digunakan. Oleh sebab itu, penting untuk kamu mengetahui terlebih dahulu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum mengganti velg.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengganti Velg Mobil

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika hendak mengganti velg mobil. Berikut empat hal penting yang harus kamu ketahui.

Ukuran velg

Memilih atau mengubah ukuran velg menjadi lebih besar memang menjadi kebiasaan umum para pecinta modifikasi. Velg yang memiliki ukuran besar juga akan terlihat semakin bagus. Tapi, jika kamu ingin menambah ukuran velg, perhatikan juga ban yang mobil kamu gunakan. Jangan membuat ukuran diameter ban menjadi berubah walaupun ukuran velg ditambah.

Ukuran ban

Velg dan ban mobil saling berkaitan, sehingga kamu sebaiknya menggunakan ban yang tebal saat ukuran velg ditambahkan. Ketebalan ban sangat mempengaruhi kemampampuan menyerap getaran saat melalui medan jalan tertentu.

Bobot velg

Pemilihan velg dengan bobot yang tepat sangat penting. Sebab, bobot velg yang melebihi standar akan membahayakan keselamatan pengemudi. Velg yang bobotnya tidak ideal akan mempengaruhi durasi berhentinya ban dan pengeraman mobil. Saat melalui jalanan menanjak, biasanya akan muncul masalah akibat berat velg yang tidak tepat.

Desain dan Warna velg

Ganti velg mobil dengan tujuan mendongkrak penampilan mobil kesayangan kamu sangat penting untuk memperhatikan estetika velg mulai dari desain dan pemilihan warna. Adaberbagai macam desain velg mulai dari racing dengan berbagai macam spoke atau model jari-jari. Disamping itu semua, kamu juga harus mempertimbangkan kebutuhan saat memilih velg berdasarkan penggunaannya, seperti untuk digunakan beraktivitas sehari-hari, atau sekedar digunakan saja.

Pada dasarnya, memilih warna velg mobil tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sebab, jika kamu salah dalam pemilihan warna, maka akan membuat tampilan mobil kamu terlihat aneh atau bahkan tidak keren.

Bagaimana Tips Ganti Warna Velg Mobil?

Nah, ada beberapa tips yang bisa kamu perhatikan dalam memilih warna velg mobil agar sesuai dengan warna bodi mobil kamu. Berikut ini penjelasannya.

Warna Hitam

Warna hitam biasanya menjadi salah satu warna yang cukup banyak diminati oleh sebagian orang. Nah kamu bisa memilih warna-warna aman seperti abu-abu gelap maupun terang. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan warna lain seperti putih, hijau, ungu, hitam doff, kuning, oranye, bronze, merah, dan juga gold. Pemilihan warna tersebut, tentu akan memberikan kesan yang berbeda dibandingkan dengan mobil lainnya.

Warna Silver

Pada dasarnya untuk bodi mobil berwarna silver ini, kamu bisa menggunakan warna seperti putih, bronze, hitam, abu-abu gelap maupun terang.

Warna Putih

Bagi kamu yang memiliki bodi mobil berwarna putih, kamu bisa menggunakan pilihan velg berwarna silver, abu-abu gelap atau terang, bronze, dan juga hitam. Apabila kamu ingin membuat tampilan mobil kamu berbeda, maka kamu juga bisa menggunakan warna-warna lain seperti merah, ungu, kuning, pink, dan juga bronze.

Warna Abu-Abu

Jika kamu termasuk tipe orang yang senang dengan warna-warna yang bisa dikatakan berani, kamu bisa memilih warna merah, pink, ungu, dan juga bronze. Namun, jika kamu lebih menyukai warna netral, kamu bisa menggunakan warna abu-abu gelap atau terang, putih atau pun hitam.

Warna Merah

Bodi mobil berwarna merah umumnya bisa dikatakan sudah terlihat cukup mencolok. Akan tetapi, kamu bisa melakukan perubahan agar tampilan mobil kamu menjadi lebih keren. Kamu bisa memilih warna velg seperti gold, hitam, silver, bronze, dan juga chrome.

Warna Biru

Bagi kamu yang memiliki bodi mobil berwarna biru, kamu bisa menggunakan warna seperti putih, silver, dan juga hitam. Warna-warna tersebut termasuk ke dalam pilihan-pilihan warna yang bisa dikatakan aman. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pilihan warna lain seperti chrome, gold serta merah.

Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Ganti Velg Mobil

Ketika mau ganti velg mobil, sebaiknya kamu mengikuti beberapa hal berikut agar bisa mendapatkan velg yang sesuai. Seperti model serta ukuran atau spesifikasi yang sesuai untuk mobil kamu.

Cari dan Tentukan Desain Model yang Kamu Inginkan

Hal yang pertama dan wajib adalah memikirkan masak-masak gaya apa yang kamu inginkan. Sebab, banyak gaya modifikasi yang bisa kamu pilih. Mau gaya yang sporty ataupun elegan bisa kamu pilih. Jka kamu sudah menentukannya, kamu akan lebih mudah mendapatkan velg yang sesuai.

Ketahui Kualitas Velg Mobil

Saat ini banyak sekali velg-velg yang beredar di pasaran. Mulai dari velg satu bagian (one piece) hingga yang velg yang terdiri dari banyak bagian (multipiece). Velg-velg tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Velg one piece umumnya akan lebih tahan lama karena dirancang dalam satu bentuk utuh. Meskipun kuat, velg model one piece memiliki bobot yang lebih berat. Kemudian velg multipiece, memiliki keunggulan di komponen pengganti sehingga jika salah satu komponen velg kamu rusak, bisa hanya ganti pada bagian tersebut. Selain itu, bobot velg multipiece memiliki bobot yang lebih ringan.

Pahami Spesifikasi Velgnya

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui seputar spesifikasi velg. Hal pertama yang perlu kamu pahami adalah ukuran Pitch Center Diameter (PCD). PCD adalah jarak antara lubang baut satu dengan yang lainnya pada sebuah velg. Jika pada spesifikasi velg tertulis 4×100, berarti velg terdiri dari 4 lubang baut dengan PCD berukuran 100mm.

Selanjutnya yang perlu diketahui adalah ukuran lebar velg. Lebar velg tersebut akan menentukan lebar dari sisi terdalam ke bagian luarnya. Selain itu, ukuran velg juga berpengaruh pada profil ban yang akan digunakan.

Ukuran yang perlu kamu ketahui selain PCD dan lebar velg adalah offset. Offset pada sebuah velg akan menentukan seberapa besar keluar atau masuknya bibir luar velg. Semakin kecil ukuran offsetnya, bibir luar pelek juga akan semakin keluar dari fender.

Kenali Bahan Dasarnya

Biasanya bahan yang banyak digunakan sebagai bahan dasar velg adalah logam ringan, seperti billet steel, forged alloy atau magnesium. Bahan-bahan tersebut memiliki keunggulan yaitu bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan velg yang berbahan dari baja.