Menjaga Kesehatan Reproduksi Pada Pria

mature doctor with patient at office*

Kesehatan reproduksi merupakan kesehatan sehat fisik, mental dan juga sosial yang penting untuk dapat dimengerti oleh kita semua. Terkadang banyak orang yang tidak mengerti atau salah mengartikan arti sesungguhnya dari kesehatan reproduksi. Dan tentunya bagi para remaja yang baru menginjak masa pubertas sungguh sangat penting memahami ini.

Bahkan kenyataannya banyak para remaja yang enggan membicarakan masalah kesehatan reproduksi kepada orang tua dikarenakan malu dan ada sebagian yang terkena penyakit pada sistem reproduksi tetapi tidak memeriksanya ke fasilitas kesehatan yang tersedia. Yang sebenarnya bagi para remaja yang memiliki penyakit pada kesehatan reproduksi maka sebaiknya harus segera dibawa ke fasilitas kesehatan untuk dapat segera diobati.

Cara menjaga kesehatan reproduksi pada Pria

Untuk para pria sangat penting untuk menjaga kesehatan pada sistem reproduksi karena akan dapat menimbulkan efek terhadap kemudahan untuk program hamil dengan pasangan anda. sebenarnya terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan pada pria, dari faktor lingkungan, gaya hidup, dan juga kondisi medis tertentu. Namun anda juga dapat mengurangi resiko untuk meningkatkan kesuburan sehingga sistem kesehatan reproduksi anda tetap terjaga. Dan berikut ini adalah beberapa cara agar menjaga sistem reproduksi pria :

  • Berhenti merokokdan tidak minum minuman yang mengandung alkohol

Tingkat kesuburan akan menurun dan menyebabkan sulit untuk mendapatkan keturunan., yang dikarenakan merokok dan minuman alkohol yang mengakibatkan mengalami penurunan produksi dan kualitas sperma.

  • Tetap menjagaberat badan

Berat badan juga dapat berpengaruh dalam masalah kesuburan pria baik penderita obesitas maupun berat badan yang rendah. Yang dapat mempengaruhi tingkat kesuburan pada pria.

  • Jagalah testis tetap dalam keadaan sejuk

Jumlah sperma juga ditentukan oleh suhu testis dan terdapat beberapa cara untuk menurunkan suhu pada testis :

  • Pakailah celana dalam yang nyaman dan tidak terlalu ketat
  • Batasi mandi dengan menggunakan air hangat
  • Jika bekerja pada suhu panas, maka tetap luangkan waktu untuk berada pada tempat yang sejuk.
  • Jangan duduk terlalu lama.
  • Jaga pola makan dan konsumsi makanan sehat

 

Menjaga Kesehatan Reproduksi Pada Pria

 

Sperma yang berkualitas juga dapat ditentukan dari makanan dan juga olah raga yang teratur. Namun yang anda harus perhatikan adalah jangan olahraga secara berlebihan karena dapat menyebabkan keluarnya hormon steroid yang terlalu banyak yang dapat mempengaruhi kesuburan.

  • Melakukan sunat

Ternyata sunat itu penting untuk kesehatan karena kulit penis dapat menjadi tempat untuk berkembang biak bakteri. Dan sunat juga dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan pada tubuh. Jenis bakteri yang ada pada pria yang telah disunat lebih sedikit bila dibandingkan dengan pria yang tidak melakukan sunat.

Baca juga: Distributor Herbastamin Nasa